WISH FEMI HERBS

WISH FEMI HERBS

Wednesday, February 22, 2012

Keledai yang Bijak


Suatu hari seekor keledai jatuh ke dalam sumur. Hewan itu menangis pilu berjam-jam sementara si petani pemiliknya mencoba untuk mencari tahu bagaimana cara untuk mengeluarkannya. Akhirnya ia memutuskan untuk mengubur keledai itu saja karena hewan itu sudah tua dan sumur itu juga kering. Petani itu meminta tetangganya untuk datang dan membantunya menutupi sumur. Mereka semua meraih sekop dan mulai menyekop tanah ke dalam sumur.
Pada awalnya, ketika si keledai menyadari apa yang terjadi ia menangis dengan begitu memilukan. Namun kemudian, ia mulai tenang dan tampak bahagia. Beberapa sekop tanah kemudian, petani itu melihat ke dalam sumur untuk melihat apa yang terjadi dan takjub akan apa yang dilihatnya. Dengan setiap sekop tanah yang menimpa punggungnya, keledai itu mengibas-ngibaskan tubuhnya untuk menyingkirkan tanah di tubuhnya dan mulai menaiki tumpukan tanah yang berjatuhan di kakinya.
Seiring orang-orang terus menyekopkan tanah menimpa tubuhnya, keledai itu terus mengibaskan tanah dan menaikkan tubuhnya ke atas. Tak lama kemudian, keledai itu pun sudah bisa melangkah ke tepi sumur dan keluar.

Pesan moral dari kisah ini adalah: Kehidupan akan senantiasa menyekop kotoran menimpa kita. Trik untuk keluar dari sumur adalah dengan mengibaskan tanah itu dan mengangkat tubuh kita ke atas. Melalui penerapan kebijaksanaan setiap kesulitan dapat diubah menjadi batu loncatan. Cara untuk keluar dari sumur terdalam adalah dengan tidak pernah menyerah tapi dengan bergerak dan mengambil sebuah langkah maju.

Segala sesuatu yang terjadi pada kita, tidaklah sepenting bagaimana cara kita menyikapinya. Iya kan?

No comments:

Post a Comment